Minggu, 15 Desember 2019

Cara Memahami Brief Di 99design

1.Apa itu Brief?
     
       Brief adalah sebuah keterangan mengenai sebuah logo yang diinginkan oleh klien.Brief merupakan sesuatu yang sangat penting untuk di pahami oleh para desainer.Dengan membaca brief maka kita sebagai desainer akan bisa membuat sebuah logo atau apapun sesai yang diinginkan oleh klien.
       Dan brief mempunyai beberapa macam isinya,daantaranya :

1.Background Information




       Merupakan sebuah keterangan yang paling dasar yang biasanya berisi 1.Nama Perusahaan 2.Slogan perusahaan (akan tetapi ada yang tidak menggunakan sebuah slogan) 3.Deskripsi Perusahaan,biasanya berisi penjelasan mengenai Perusahaan tersebut,misal sebuah website maka sistem perusahaan website mereka seperti apa dan juga target pelanggan dari perusahaan tersebut.

2.Visual Style



      Ini juga merupakan sesuatu yang penting juga untuk dipahami sebelum kita mengikuti sebuah kontes.Biasanya berisikan panduan warna yang akan digunakan.Visual style juga memiliki beberapa atribut :

-Modern x Classic

Modern merupakan sebuah gaya yang merujuk ke gaya kekinian,atau gaya terbaru sebuah desain.Karena setiap tahun desain bisa jadi mengalami perubahan ke suatu yang lebih kekinian.

Sedangkan classsic lebih cenderung identik dengan gaya-gaya jaman kuno,yang mana kalau jaman kuno itu biasanya cenderung ke bentuk tulisan seperti tulisan dari tangan,atau bisa dikatakan seperti masih manual.

-Young x Mature

Young di ambil dari sifat dari anak muda,yang mana biasanya anak muda suka dengan sebuah desain yang banyak warna yaitu lebih dari 3 warna,juga dengan warna yang cerah.

Sedangkan Mature,memberitahukan bahwa logo yang kita buat harus dewasa.Dewasa yang di maksud disini adalah tidak aneh-aneh atau bisa dikatan simpel.Yaitu tidak menggunakan banyak warna.Biasanya hanya menggunakan 1-3 warna saja.

-Feminime x Masculline

Feminime biasanya mempunyai ciri khas yaitu dengan garis-garis yang melengkung dan juga tipis.Ini di karakteristikan kepada wanita,maka warna yang dipili pun harus sesaui dengan karakter wanita,yaitu warna yang lembut.

Masculline,Identik dengan lelaki biasanya mempunyai ciri khas Mmempunyai garis-garis yang tebal sebagai artian kokoh atau tangguh seperti sifat lelaki adalah tangguh dan juga tegas.

-Playfull x Serious

Playfull merupakan gambaran sebagai bentuk yang ceria dan juga menyenangkan.Untuk masalah warna biasanya dalam playfull menggunakan banyak warna dan juga warna yang cerah.

Serious,Orang biasanya kalau serius mereka akan fokus dan juga tidak bergerak,atau bisa dikatakan juga kaku.Sama seperti brief serious memiliki ciri khas desain yang kaku yang mana kaku tersebut menunjukan sebuah kemantapan dan juga kemapanan.

-Luxury x Economical

Luxury adalah sebuah gaya yang mewah,yang mana untuk target pemasaran atau juga pengenalanya adalah kepada orang-orang menengah ke atas.

Sedangkan Economical adalah Diperuntukan untuk umum atau semua kalangan,yaitu dari kalangan yang paling atas sampa kalangan yang paling tinggi.

-Organic x Geometric

Organic biasanya lebih menuju ke mahluk hidup.Yang mana organic tersebut bercirikan dengan Garis yang melengkung dan juga halus,

Sedangkan Geometric lebih condong ke sebuah konsep yang teratur,atau mengikuti sebuah pola,seperti kotak,lingkaran,segitiga dan juga bentuk-bentuk yang lainya.

-Abstract x Literal

Abstract biasanya mengandung sebuah makna yang tersimpan atau bisa di katakan mempunyai sebuah filosofi.Dan harus menyakan dahulu ke perusahaan tersebut jika kita ingin mengetahui arti dari desain tersebut.


Sedangkan Literal biasanya mengandung sebuah makna yang bisa langsung di cerna atau dipahami.Sehingga dengan desain yang literal konsumen akan langsung mengetahui maksud dari sebuah desain tersebut.


3.Reference & Inpiration



Biasanya berisikan penjelasan yang mana tidak dijelaskan dalam Visual style,atau bisa dikatakan sebagai tambahan kejelesan.Biasanya terdapat sebuah lampiran file-file yang telah dikirim oleh CH yang disuruh kita untuk mendownloadnya dan juga gambar-gambar yang di ambil dari 99design.Ini bertujuan untuk Referensi atau sebuah gambaran bagi para desainer yang ingin mendesain supaya tidak keluar dari kaidah brief nya.

4.Deliverables

Biasanya berisikan sebuah catatan dari CH,Yang mana biasanya perintah untuk memberikan nama font yang kita gunakan.Akan tetapi ini tidak terlalu penting untuk dipahami dalam sebuah brief dan juga catatan-catatan ini kebanyakan tidak diisi oleh seorang CH.



Demikian tadi beberapa penjelasan mengenai brief dalam 99design.Dan saya menyarankan sekali bagi desainer untuk benar-benar memahami sebuah brief,sebelum kalian mengikutu kontes tersebut.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian semua,apabila mau berbagi pengalamn silahkan bisa berkomentar di bawah.
Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Postingan Terbaru

ADS

ads